Performance Niti Naik Mahligai Dance From Kerinci Regency, Jambi Province, at Bali, 2-5 May 2009  

Posted by Jambi Unlimited Treasure Team in , , , , , ,





Sebuah apresiasi dan hasil seleksi dari pemerintah pusat (Menteri Perekonomian dan Depbudpar) dimana Tari Niti Naik Mahligai yang berasal dari Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi diundang untuk tampil mengisi side event pada Asian Depelopment Bank Conference di Nusa Dua Bali pada tanggal 2-5 May 2009.

Acara ini dibuka oleh Ibu Sri Mulyani, Menteri Koordinator Perekonomian, selaku Tuan Rumah penyelenggara event
Asian Depelopment Bank Conference pada tahun ini. Dihadiri juga oleh
Bapak Jero Wacik, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, dan Pejabat lainnya.

Tari Niti Naik Mahligai tampil selama 3 hari berturut-turut yang disaksikan oleh Pejabat, peserta Conference, Wisatawan Mancanegara dan Domestik , serta masyarakat Bali. Tari yang berasal dari Desa Siulak Kabupaten Kerinci ini mendapat respon positif dari penonton karena keunikan dan kekhasannya.

Keunikan dari Tari ini adalah dari penarinya semuanya wanita dan berasal dari satu keturunan, unsur magisnya, dan keelokan gerak dan kostum yang dikenakan menjadi nilai unggulan.

Tari ini dimulai dengan prosesi Persembahan, yaitu proses pemantraan penari dari pengasuh dengan lantunan nyanyian khas yang memanggil roh leluhur untuk kelancaran prosesi Tarian.

Lalu disusul dengan menari diatas pecahan kaca, penusukan dengan tombak ke anggota badan penari, berjalan diatas paku dan bambu runcing, diangkat diatas kertas, berjalan diatas telur, berjalan diatas mata pedang, menari diatas bara api dan memadamkannya dengan menggunakan kaki dan tangan penari.

Tarian Niti Naik Mahligai ini mengandung unsur magis karena penari melakukannya dalam keadaan tidak sadar (in-trance).

Semoga dengan tampilnya Tari Niti Naik Mahligai ini, masyarakat jambi, baik yang berada diluar maupun yang di Jambi, makin mencintai dan mengagumi aset budaya leluhur ini.

This entry was posted on 5/5/09 at Tuesday, May 05, 2009 and is filed under , , , , , , . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment